google-site-verification=I3gsFmhNnwraRTClYNy7Zy_HRGb_d1DkfDUi6e1xs34 ANTIBIOTIK PENICILIN ~ Medik Veteriner Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

ANTIBIOTIK PENICILIN

 I.PENICILIN
            Penicilin merupakan suatu agen antibakterial alami yang dihasilkan dari jamur genus Penicillium. Penicilin masih termasuk golongan obat antimicrobial yang paling efektif dan tidak toxis. Jika ada pilihan penicillin dan obat lain, penicillin yang harusnya dipakai.yang paling merugikan kecuali reaksi alerginya adalah exkresi yang cepat lewat ginjal. Pada infeksi tractus urinarius oleh organisme yang sensitif, kadar dalam serum yang tinggi dengan cepat akan menghasilkan kadar yang lebih tinggi lagi dalam urin. Bila diinginkan kadar dalam  serum yang tinggi, maka sekresi tubuler dapat di hambat dengan Probenecid 0,5 g tiap 6 jam.
            Macam –macam sediaan penicillin dapat dengan modifikasi kimiawi atau biologis terhadap anti asam  6 aminopenicillanic. Hanya preparat-preparat yang paling sering di pakai saja yang di cantumkan di bawah ini :

A.    Penicillin yang tidak tahan asam dihidrolisa oleh asam lambung dan di pecah oleh  Penicillinase. Biasanya tidak di berikan per oral . kesemuanya merupakan modifikasi dari brnzyl penicillin (penicillin G ), yang merupakn bentuk asli dari penicillin dan  masih merupakan yang paling banyak di pakai.
1.      Penicillin G kristal  untuk pemberian IM, IV atau intrathekal, biasanya dalam bentuk garam kalium (1,7 mEq K+/juta unit), tetapi sebagai garam natrium juga bisa di peroleh. Infuse IV memberikan kadar yang  tinggi da;lam darah , tetapi larutannya harus dibuat baru, karena obat akan rusak bila di biarkan lama dalam larutan.
2.      Penicillin G-procain, hanya untuk suntikan  IM saja ; level dalam berlangsung selama 8-12 jam.
3.      Penicillin G-procain-alumunium monostearat, hanya untuk suntikan IM saja ;level dalam darah berlansug selama  48-72 jam.
4.      Benzathine penicillin G ( bicillin, foxteucillin, penadur ) hanya untuk suntikan IM saja ; sesudah pemberian 1,2 juta unit IM level dalam darah bertahan selama 4 minggu.
5.      Methicillin di bicarakan pada B.2.a.
6.      Carbenicillin di bicarakan pada B.1.c (2)

B.     Penicillin tahan asam adalah preparat yang relative tahan terhadap hidrolisa oleh asam lambumg dan biasanya di berikan per oral. Tetapi dalam golongan ini ada beberapa variasi dalm stabilitas dan absorbsinya.
1.      Obat-obat yang sensitif terhadap penicillinase :
a.       Phenoxymethyl penicillin (penicillin V ).
b.      Phenoxyethyl penicillin.
c.       Penicillin dengan spectrum luas.
        (1).Ampicillin diserap dengan baik bila di berikan per oral.
        (2).Carbenicillin mempunyai spectrum antimicrobial seperti                              ampicilin.
            2.    Obat yang resisten terhadap penicillinase  :
                            a.   Methicillin.
                            b.   Isoxazolyl.

C.     Hipersensitivitas merupakan efek samping penicillin yang paling umum, dan         meliputi demam atau eosinofilia sampai pada penyakit yang menyerupai serum sickness dan anaphylaxi.

II.TETRACYCLINE.
          
           Tetracycline,di isolasi dari Streptomyces aureofaciens pada tahun 1948, merupakan antibiotic spectrum luas pertama yang efektif melawan bakteri gram positif dan gram negative dan banyak organisme lainya, seperti mikrobakterium, riketsia, spirokaeta, dan klamidia. Tetracycline bekerja dengan menghambat sintesis protein bakteri dan mempunyai efek bakteriostatik. Tetracycline tidak efektif untuk melawan  Staphylococcus aureus  ( kecuali untuk tetracycline yang lebih baru ), pseudomonas, atau proteua.obat ini dapat dipakai untuk melawan  mycoplasma pneumoniae.
           Tetracycline sering kali diserap untuk pemakaian oral meskipun obat ini juga tersedia untuk pemakaian intramuscular dan intravena. Karena pemberian tetracycline intramuscular menimbulkan nyeri pada tempat injeksi dan iritasi pada jaringan, maka rute pemberian ini jarang di pakai untuk mengobatiinfeksi yang berat. Preparat oral tetracycline yang lebih baru, doksisiklin dan minosiklin, lebih cepat dan lebih lengkap diabsorpsi. Tetracycline tidak boleh diminum bersama preparat magnesium dan alumunium (antacid ), produk susu yang mengandung kalsium, atau obat yang mengandung besi, karena semua substansi ini berikatan dengan tetracycline dan mencegah absorpsi obat. Disaran kan agar tetracycline, kecuali doksisiklin dan minosiklin, diminum dalam keadaam lambung kosong 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan.
           Meskipun tetracycline luas di pakai, obat ini mempunyai banyak efek samping, reaksi yang merugikan, toksisitas, dan interaksi obat.

A.    Efek Samping dan Reaksi yang Merugikan.              
           Gangguan gastrointestinal, seperti mual, muntah, dan diare merupakan efek samping dari tetracycline. Fotosensitifitas ( reaksi terbakar sinar matahari ) dapat terjadi memakai tetracycline, khususnya demeklosiclin.
Wanita hamil tidak boleh memakai tetracycline selama trimester pertama kehamilan karena adanya kemungkinan efek teratogenik. Wanita dalam trimester terakhir kehamilan dan anak-anak yang berusia kurang dari 8 tahun tidak boleh memakai tetracycline karena perubahan warna yang menetap pada gigi tetap. Minosiklin dapat menyebabkan kerusakan pada bagian vestibular dari telinga dalam, yang dapat mengakibatkan kesulitan dalam menjaga keseimbangan . tetracycline harus diminum 1 jam sebelum atau 2 jam sebelum sesudah  makan karena makanan, terutama pruduk susu, menghambat absorpsi. Tetracycline yang sudah kadarluasa harus selalu  dimusnahkan karena obat berubah menjadi produk sampingan yang toksik. Nefrotoksisitas terjadi jika tetracycline diberikan dalam dosis tinggi dengan obat-obat nefrotoksik lainnya. Superinfeksi merupakan masalah lain yang mungkin terjadi karena tetracycline dapat menggangu  flora mikroba dari tubuh.




III. AMINOGLIKOSIDA.
           Aminoglikosida bekerja dengan menghambat sintesis protein bakteri. Antibiotic aminoglikosida dipakai untuk melawan bakteri gram negative, seperti Escherichia coli, proteus spp, dan pseudomonas spp. Beberapa kokus gram positif resisten terhadap aminoglikosid, sehingga penicillin atau sefalosporin  dapat dipakai.
           Streptomisin sulfat, diturunkan dari bakteri Streptomyces griseus pada tahun 1944, merupakan aminoglikosida pertama yang tersedia untuk pemakaian klinik dan di pakai untuk mengobati tuberculosis. Karena sifat ototoksisitasnya dan terjadinya resistensi bakteri, maka obat ini jarang dipakai . aminoglikosida yang sekarang dipakai untuk mengobati infeksi pseudomonas aeruginosa adalah gentamisin ( 1963 ), tobramisin ( 1970 ), amikasin ( 1970an ), dan netilmisin ( 1980an ). Netilmisin merupakan satu dari aminoglikosida terbaru, dan kejadian toksisitas dari obat ini tidak sesering atau seberat  obat-obat aminoglikosida yang lain.


Terima kasih telah membaca artikel tentang ANTIBIOTIK PENICILIN di blog Medik Veteriner jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com