google-site-verification=I3gsFmhNnwraRTClYNy7Zy_HRGb_d1DkfDUi6e1xs34 PENANGANAN MASALAH CACING PADA ANJING ~ Medik Veteriner Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

PENANGANAN MASALAH CACING PADA ANJING

CACING MENJADIKAN MASALAH DI ANJING
PENANGANAN MASALAH CACING
Sampai saat ini cacing  menjadikan masalah dihewan peliharaan kita terutama pada anjingkesayangan kita..
Cacing adalah hewan jenis parasit didalam tubuh anjing, karena cacing hidup di 2(dua)bagian tempat, yaitu hidup pada jaringan pencernaan (dasar usus) dan ada yang hidup padajaringan tubuh yaitu terdapat pada HATI , PARU , JANTUNG. EMPEDU, OTAK, HIDUNG , MATA
Cacing cacing ini sangatlah mengkhawatirkan kita sebagai penyayang anjing, bahkansangatlah mematikan pada hewan peliharaan kita karna cacing yang bertumpuk didalamtubuh hewan tersebut.
Oleh karna itu sangatlah perlu kita perhatikan masalah cacing pada hewan peliharaankita,terutama pada anak anjing, karna anak anjing sejak didalam kandungan induknya, sudahdititipkan telur cacing didalam plasentanya.sehingga anak anjing lahir sudah membawa benihcacing,dan setelah diluar sang anak menyusu pada induknya, sehingga diluarpun si anakdititipkan kembali beni cacing yang ikut melalui air susu induknya.
Maka tidak jarang anak anjing pada usia 3 minggu bahkan baru beberapa hari anak anjingsudah mencret kotorannya seperti biji cabe, berarti benih atau telur cacing sudah menetasdidalam tubuh anak anjing tersebut. Sehingga pada usia 3 minggu tidak jarang terjadi anakanjing sudah terjadi berak darah yang apa bila tidak segerah ditangani akan menimbulkankelemahan pada si anak anjing diantaranya terjadi anemia dan kurangnya zat besi didalamtubuh anak anjing. Sehingga pada posisi lemahnya si anak anjing tersebut virus vorvomenguat didalam tubuh anak anjing tersebut, sehingga menyebabkan kematiaan yang fatalserta menularkan kepada beberapa saudaranya.
Oleh karna itu untuk mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan seperti yang terteradiatas, sebaiknya anak anjing di usia 2 minggu kita sudah harus menberikan obat cacingkepada anakan tersebut agar benih cacing muda cepat dibasmi dengan pemberian dosisdisesuaikan berat badannya atau dosis 300 mg / 10 kg berat badan. Selama 2 atau 3 hariberturut.(dengan menggunakan albendazole + levamizole. Agar tidak terjadi mencret./deare)
Tapi ingat sampai saat ini tidak ada jenis obat cacing apapun yang dapat mematikan telurcacing, berarti yang kita matikan sampai saat ini adalah cacingnya saja,dan telurnya tidak.Berarti :
Setiap hari telur cacing menetas, sehingga di usia 2 minggu cacing Nematoda tersebut telahmenjadi dewasa dan siap bertelur kembali dan seterusnya se umur hidupnya anjing.
MENGAPA BERAK DARAH ?
Untuk cacing pita dan cacing kait (Cacing trematoda darah) khususnya,ia mempunyai calingdan melekat pada dinding usus bagaikan lintah,pada saat cacing itu berpindah tampat bekasgigitan meninggalkan luka yang mengeluarkan darah dan darah terbawa kekotoran(tergantung jumlah banyaknya cacing).
Untuk cacing pencernaan (Cacing Nematoda),apa bila anak anjing mendapatkan makanan,cacing mendapatkan makanan ,tetapi pada saat tidak terisinya makanan dan didalam ususmenjadi kosong, maka cacing menggerogoti dinding usus sehingga terjadinya berak darah ygparah.
Pada saat disinilah anak anjing menjadi sangat lemah dikarnakan banyaknya darah yangkeluar (terjadinya anemia).yang biasanya juga diikuti dengan deare yang parah yangmenyebabkan kelemahan karna banyak darah dan zat elektrolit di dalam tubuh yang keluardan darah dihisap oleh cacing tersebut yang mengakibatkan kematian apa bila tidakditangani dengan seksama.dimana darah tidask dapat membawa oksigen ke otak dan terjadipenggelembungan dijantung yang tidak dapat kembali lagi.
PEMBERIAN OBAT CACING
Pemberian obat cacing sebaiknya unt anakan dimulai dari usia 2 minggu dengan pemberian 2atau 3 hari berturut unt pembersihan awal.
Pemberian obat cacing diulang 1 minggu kemudian dengan pemberian 2 hari berturut.
Pemberian selanjutnya dilakukan 2 minggu sekali (2 hari berturut) dan dilakukan denganrutin sampai anak anjing sampai ber usia 7 bulan,agar anak anjing dapat berkembang denganbaik.dan untuk memutus siklus perkembangan cacing Trematoda darah didalam tubuh.
Pemberian obat cacing setelah anakan ber usia 7 bulan sebaiknya dilakukan setiap bulansecara rutin.
Apabila pemberian obat cacing terlalu jauh jarak pemberiannya Mis 3 bln sekali/6 bulansekali,sehingga cacing sudah berkembang lebih banyak,Karna cacing trematoda berkembangbiakan diusia 5 dan di 6 minggu sejak menetas dari telurnya ,sehingga anjing diusia 7 blnkeatas banyak timbul masalah.diantaranya : susah makan,selalu kurus badan nya tidak dapatgemuk,anjing selalu lesuh ,dan mempunyai nafas yg tidak sedap,sering muntah muntah, karnaterinfeksinya paru paru dan hati .sehingga perkembangan anak anjing tidak dapatberkembang dengan baik dikarnakan anjing kekurangan darah yang sebagian dihisap olehcacing cacing jaringan tubuh trematoda darah.
CACING JARINGAN TUBUH
Jenis cacing jaringan tubuh (Trematoda darah) apa bila sudah terlalu banyak (cacing hati,paru,jantung, Empedu) dapat dituntaskan setelah pemakaian obat cacing
ALBENDAZOLE + LEVAMIZOLE dengan rutin setelah pemakaian 80 dosis /setelah pemberian80 x.
Berdasarkan penggunaan obat cacing dibagi menjadi 2 (dua) yaitu :
1.Penggunaan lokal, Yaitu unt cacing yang hidup pada permukaan usus mis:
Ascaris lumbricoides (C.gelang), Oxiyuris Vermicularis (C.kremi), Ankylostoma duodenale(C.tambang), dan cacing Pita dewasa . C.cambuk.
2.Penggunaan Sistematis,untuk cacing yang hidup dijaringan tubuh (flaria, onkosper /larvacacing pita, cacing hati, cacing jantung , cacing paru,,dan cacing mata.
Obat cacing sebaiknya diberikan dalam keadaan usus kosong atau pasien dipuasakan.(bilamenggunakan jenis Pirantel) dalam perut penuh,cacing kenyang dan cacing mengumpulmembentuk
Gumpalan yang dilindungi oleh lendirnya sendiri dan tak dapat ditembus antehelmintika.
Dalam dosis tinggi berkhasiat Vermisid,sehingga cacing dikeluarkan sudah mati dan hancurbersama faeces.apabila diinginkan untuk melihat jenis cacing sebaiknya diberikan dalamdosis ninimum,sehingga cacing keluar masih utuh (Vermifuga).
Pengobatan cacing yang sering menimbulkan Reinfeksi, sebaiknya dibrantas melalui programterpadu.dan diikuti dengan pemberian antibiotic sebagai penyembuhan lukanya dan kaolinuntuk melapisi didinding usus yang luka.
JENIS OBAT CACING.
PIRANTEL,PRACIQUANTEL,FABANTEL Jenis obat cacing Generik ini digunakan hanyauntuk membasmi cacing permukaan usus (Nematoda) yang mana cacing tersebut akanteracuni dengan obat cacing, dan Memang mempunyai efek samping Deare.
Albendazole digunakan untuk cacing jaringan tubuh dan pencernaan/usus) jenis obat cacingini tidak mempunyai efek samping deare, yang mempunyai sifat antelmintik gunamenghancurkan cacing cacing trematoda darah yang tidak dapat teracuni, dikarnakamulutnya melekat bagai lintah menghisap darah.
Levamisole digunakan untuk membasmi cacing pencernaan/usus dan paru ( yang mana tidakkena dengan jenis albendazole) Jenis obat cacing ini tidak mempunyai efek samping deare.
Penanganan setelah pemberian obat cacing sebaiknya diikuti dengan pemberian vitamin fedan zink,/dengan pemberian FE dan B12 atau dengan meng  injeksikan
Zat besi yang berfungsi sebagai pengobatan anemia akibat proses keadaan gizi yang tidakseimbang,,akibat penyakit parasit dan penyakit infeksi. dengan kehilangan darah sertadefisiensi zat besi dan vitamin b12..
Pemberian obat cacing dengan cara program secara berkala ini berfungsi juga sebagaiprogram vaccine di usya 7 minggu ( DHPPI-2 ) atau 2 bulan dengan DHPPI-2L.

Terima kasih telah membaca artikel tentang PENANGANAN MASALAH CACING PADA ANJING di blog Medik Veteriner jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com